Latoh Sang Anggur Laut

Urap Latoh

Haloo sobat oners, kali ini oons mau share tentang makanan khas dari daerah Rembang yaitu “Urap Latoh”. Kalau urap mungkin  banyak oners semua yang sudah tahu, tapi urap latoh? dan apa sih latoh itu?

Latoh yang dalam Bahasa Indonesia disebut Anggur laut (Caulerpasp) merupakan sejenis rumput laut yang biasa dikenal dengan nama latoh oleh masyarakat Rembang. Sesuai dengan namanya latoh ini memiliki bentuk seperti buah anggur tapi dalam versi mini. Latoh ini memiliki rasa yang asin dan renyah. Yang paling oon ingat saat makan latoh itu sensai waktu latohnya pecah didalam mulut yang ngebuat oon nagih buat makan latoh ini ya meski rasanya emang asin kalau dimakan mentah.

large-lawi-lawi-kualitas-unggul-dasep-bpbapt-732f7663750e9a16006fbfe0a28071a6
Latoh

Dan ternyata oner latoh ini punya banyak manfaat bagi tubuh lho…, Kandungan klorofil rumput laut bersifat antikarsinogenik. Terdapat juga kandungan serat, selenium dan seng yang tinggi yang bisa mereduksi estrogen (jenis hormon).  Latoh mengandung zat besi dan protein yang dapat membantu pembentukan hemoglobin dan juga akan mengurangi resiko anemia. Vitamin A dalam latoh mengatasi permasalahan gizi karena kekurangan vitamin A. Mencegah hipertensi karena rumput laut dapat menyerap kelebihan asupan garam dalam tubuh. Antioksidan klorofil dapat berfungsi membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Kandungan serat di latoh dapat mempelancar proses metabolisme tubuh sehingga baik untuk makanan untuk diet.

Nah banyak kan manfaat latoh bagi tubuh, nah lalu oners mau share nih gimana cara memasak urap latoh, yang pasti mudah banget bikinya. Bahan bahan yang dibutuhkan yaitu

  1. 1/4 kg latoh segar
  2. 1/2 kelapa parut yang sudah dikukus
  3. 1 ikan panggang suwir
  4. buah mangga yang dicacah
  5. 5 buah cabe merah
  6. 3 siung bawang merah
  7. 1 siung bawang putih
  8. 1 ruas kencur
  9. 1/2 sdt terasi bakar
  10. garam dan gula secukupnya

Cara memasaknya yaitu haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, kencur, terasi garam dan gula secukupnya, setelah halus campurkan bumbu halus dengan parutan kelapa, ikan panggang suwir dan cachan mangga hingga tercampur merata. Saran dari oon sih makanya pake nasi anget wuuh bikin rasanya tambah mantep…, perpaduan rasa asin nan renyah dari latoh dicampur dengan rasa urap yang pedas membuat rasanya yang kaya 🙂

Refrence :

https://food.detik.com/info-kuliner/d-3981783/mencicip-urap-latoh-yang-renyah-dan-menyehatkan-khas-rembang

http://dasun.desa.id/2018/03/06/urap-latoh-kuliner-khas-dasun-lasem-yang-kaya-gizi/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.